3 Focal Length Lensa Terpopuler untuk Foto Portrait

by. Admin 1 - 19-Mar-2024

img

Memilih focal length lensa yang sesuai dengan genre fotografi tertentu sangatlah penting. Focal length adalah hal paling dasar yang harus kalian perhatikan dalam memilih lensa. Selain dapat memaksimalkan kualitas foto yang diinginkan, memakai lensa dengan focal length yang tepat juga akan mempermudah proses pengambilan foto. 

 

Untuk foto portrait, terdapat beberapa focal length yang populer digunakan, yaitu 50mm, 135mm, dan 85mm. Ada pula yang suka memakai lensa zoom seperti 70-200mm atau 24-70mm, tapi kali ini kita hanya akan membahas tiga lensa prime yang terpopuler.

 

3 Focal Length Lensa Terpopuler untuk Portrait dan Penggunaannya

 

Joelist, berikut adalah 3 focal length lensa terpopuler untuk portrait beserta bagaimana penggunaannya untuk kamu yang tertarik dengan berkecimpung dalam dunia portrait photography:

 

1. 50mm

 

Focal length ini cukup fleksibel. Dengan lensa ini, kamu bisa mengambil foto full-length hingga sepinggang dengan melibatkan lebih banyak background, karena untuk foto portrait focal length ini masih terbilang lebar. 

 

2. 135mm

 

Kamu bisa memakai lensa 135mm jika ingin mengambil close portrait yang fokus pada wajah subjek. Selain itu, focal length yang satu ini juga cocok dipakai jika kalian butuh depth of field yang sempit dan bokeh yang halus. 

 

Asyiknya, dengan focal length ini, kamu bisa menekan shutter kamera dari jarak jauh. Namun, kamu harus dapat mengatur jarak dengan cermat jika menggunakan lensa 135mm di dalam studio foto. Mungkin kamu akan kesulitan jika berada di dalam studio yang kecil atau sempit. 

 

3. 85mm

 

Posisi lensa 85mm berada di tengah lensa 50mm dan 135mm. Jika memakai lensa kamera ini, kamu bisa berdiri di jarak yang wajar. Focal length ini juga cenderung serbaguna karena dapat digunakan untuk mengambil foto full-length, foto sepinggang, ataupun foto yang cukup close up. 

 

Nah, jika kamu sudah memahami peran dari masing-masing focal length lensa terpopuler untuk fotografi portrait, kamu akan tahu mana yang paling kamu butuhkan dan yang harus diprioritaskan. Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki lebih dari satu focal length lensa. 


Untuk kebutuhan kamera second dan lensa second, Joel Camera menyediakan pilihan-pilihan terbaik untukmu, jadi jangan lupa mampir ke store kami di Jl. Hang Lekir X No. 8 atau kunjungi website kami di www.joelcamera.co.id untuk melihat-lihat lensa impian kamu, baik dalam kondisi second ataupun baru!

 

Baca juga: Butuh Lensa yang Serbaguna? Yuk, Kenalan Sama 3 Lensa Sony 24-70mm Ini!

 

Photo Credits: Unsplash/Alphacolor


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp