Ini 3 Alasan Kenapa Foto Street Banyak Diminati!

by. Admin 1 - 28-Feb-2024

img

Dari sekian banyak cabang fotografi, foto street adalah salah satu yang diminati oleh banyak orang. Photography enthusiast pastinya punya alasan mengapa mereka memilih cabang fotografi tertentu. Nah, artikel ini akan membahas nilai-nilai positif street photography untuk kamu yang tertarik untuk memulainya. 

 

Untuk menekuni cabang fotografi yang satu ini tentunya kamu harus terjun ke jalan. Selama proses foto berlangsung, kamu harus menghadapi cuaca panas, mencicipi polusi udara, dan berjalan jauh. Lalu, kenapa street photography?

 

Beberapa Alasan Mengapa Foto Street Diminati

 

Sebelum terjun ke jalan bersama kamera dan lensamu, Simak beberapa poin di bawah ini agar kamu dapat mengetahui daya tarik foto street:

 

1. Tidak Dapat Diprediksi

 

Karena street photography tidak dapat diprediksi, banyak orang yang antusias untuk membidik apa yang akan mereka temukan. Karenanya pula, cabang fotografi ini melatih kepekaan untuk menangkap momen yang bersifat spontan. Jika kamu sudah biasa berburu foto di jalanan, kamu akan lebih mahir mengatur framing dalam foto.

 

2. Selalu Berbeda

 

Kamu bisa saja datang ke tempat yang sama berkali-kali dan terus menemukan hal yang berbeda-beda. Jika beruntung, kamu mungkin akan mendapatkan momen menarik yang banyak diincar oleh fotografi jalanan lainnya. Karena itulah foto street tidak akan pernah membosankan. 

 

3. Tidak Memerlukan Banyak Equipment

 

Tidak seperti beberapa cabang fotografi yang dilakukan di studio, kamu tidak memerlukan peralatan seperti tripod, lampu, ataupun backdrop. Kamu hanya perlu membawa kamera dan lensamu dan terjun ke jalan. Oleh karena itu, street photography adalah cabang yang digandrungi orang-orang dari berbagai kelas sosial. 

 

Namun, tentu saja gear does matter, ya, Joelist! Semakin berkualitas gear yang kamu pakai, tentunya foto jalanan yang kamu hasilkan juga akan semakin baik. Kamera baru atau kamera second pun tidak masalah!

 

Beberapa kamera yang banyak dipilih oleh fotografi street adalah Fujifilm seri X100, Leica seri Q, Ricoh GR III, dan sebagainya. Joel Camera Store akan menyediakan kebutuhan street kamu, termasuk deretan lensa second dan baru yang cocok untuk berburu foto jalanan!

 

Itulah beberapa alasan foto street disukai. Kamu dapat mempertimbangkan poin-pon di atas agar semakin merasa semangat untuk menekuni cabang fotografi ini. Jangan lupa juga untuk melakukan banyak riset contoh foto street photography untuk dijadikan referensi, ya! Akan ada banyak hal yang menantimu di jalan!

 

Baca juga: 3 Cara Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Close-up

 


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp