3 Cara Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Close-up

by. Admin 1 - 06-Dec-2023

img

Teknik pengambilan gambar close-up adalah teknik fotografi yang dapat kamu terapkan apabila kamu menginginkan foto yang detail dengan kedalaman yang berbeda. Hal ini dikarenakan foto close-up menampilkan hasil gambar yang jauh lebih dekat dan intim. 

 

Namun, sebelumnya perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan di antara teknik memotret close-up dan extreme close-up. Close-up biasanya mencakup kepala dan bahu subjek serta masih mengambil detail latar belakang. Sedangkan extreme close-up, atau biasa disebut fotografi makro, biasanya jauh lebih detail dan terfokus, contohnya anggota tubuh secara spesifik, detail hewan atau tumbuhan, dan sebagainya. 

 

Bagaimana Cara Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Close-up?

 

Nah, Joelist, ada beberapa cara yang harus kamu ketahui dalam teknik pengambilan gambar close-up agar fotomu terlihat tajam, detail, dan cantik. Inilah langkah-langkah yang dapat kamu terapkan:

 

1. Pakai Lensa Makro

 

Lensa makro memang diciptakan untuk membuat foto extreme close-up yang detail. Dengan lensa makro, kamu bisa memotret subjek dengan fokus dalam jarak yang sangat dekat. Terdapat pula kamera yang memiliki pengaturan makro dengan lensa bawaan seperti kamera Leica Q Series. Untuk kamu yang baru ingin mencoba masuk ke Leica, Leica Q adalah kamera yang tepat. Beli kamera second Leica Q di sini!

 

2. Gunakan Focal Length, Aperture, dan Shutter Speed yang Tepat

 

Untuk membuat foto close-up yang mendetail, tentu kamu memerlukan angka focal length lensa yang cukup tinggi, mulai dari 50mm, 85mm, 100mm, hingga di atas 100mm. Jika tidak memakai lensa makro, pilihlah focal length yang sesuai dengan jarak foto yang diinginkan. Memakai lensa zoom juga membuatmu dapat lebih fleksibel dalam mengatur luas frame. 

 

Kamu juga membutuhkan aperture yang kecil. Semakin kecil aperture, semakin luas depth of field yang akan ditampilkan sehingga foto akan terlihat semakin tajam. Naikkan pula shutter speed untuk menghindari keburaman gambar. 

 

3. Memotret dengan Manual Focus

 

Fitur autofokus yang tersedia pada beberapa kamera dan lensa memang akurat dan akan membuat proses pengambilan gambar menjadi lebih cepat. Hal ini sangat berguna untuk macam-macam teknik pengambilan gambar. Namun, mengambil gambar close-up dengan manual focus akan membuat seorang fotografer lebih terampil dan dapat menentukan sendiri detail, tampilan, dan nuansa pemotretan yang diinginkan. 

 

4. Gear Does Matter!

 

Walau keterampilan merupakan faktor kuat dalam membuat foto yang bagus, gear yang mumpuni juga sangat berpengaruh. Terlebih jika gear yang kamu punya memiliki resolusi yang tinggi, in body image stabilization, hingga kecepatan shutter speed yang baik. Jadi, bijaklah dalam membeli kamera dan lensa! Untuk menghemat pengeluaran, kamu dapat membeli kamera dan lensa second dengan performa yang masih sama. 

 

Jangan lupa untuk mengecek website dan marketplace Joel Camera Store untuk menemukan seluruh gear yang kamu perlukan untuk menerapkan teknik pengambilan gambar close-up, ya. hingga Happy shooting!

 

Photo Credit: Kalea Jerielle

 

Baca juga: Menariknya Foto Shadow dalam Street Photography, Kamu Harus Coba!

 


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp