Menariknya Foto Shadow dalam Street Photography, Kamu Harus Coba!

by. Admin 1 - 26-Oct-2023

img

Bayangan merupakan sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk memancing kreativitas seseorang dalam mengambil foto. Tak sedikit orang yang mengambil foto shadow dengan beragam cara unik sebagai upaya menjadikan sebuah foto terlihat menarik mata. Jika kamu melihat bayangan di jalanan atau di tempat-tempat terbuka, segeralah angkat kameramu!

 

Ada sebagian orang yang menyamakan fotografi shadow dan silhouette. Padahal keduanya sangat berbeda. Dalam fotografi shadow, kita tidak perlu mengambil bayangan sebagai subjek sebuah foto, melainkan bisa memanfaatkannya sebagai pendukung untuk membuat komposisi foto semakin menarik. Menariknya, bayangan yang kamu ambil dalam sebuah foto bisa saja bukan berasal dari subjek utama yang kamu bidik. 

 

Cara Mengambil Foto Shadow yang Menarik

 

Nah, Joelist, Ini dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika membuat foto shadow dalam street fotografi:

 

1. Perhatikan sumber cahaya

 

Memperhatikan sumber cahaya dan ke mana cahaya mengarah adalah hal yang penting dalam gambar bayangan. Pastikan kamu berburu foto di waktu-waktu yang ideal, entah di pagi hari, tengah hari, atau sore hari, pastikan kamu mendapatkan bentuk bayangan yang kamu inginkan.

 

2. Mainkan pengaturan kamera 

 

Mengambil foto dengan pengaturan manual akan membuat kamu dapat mengatur ISO, shutter speed, dan aperture pada lensa sesuai keinginan. Dengan begitu, kamu bebas menentukan sebanyak apa cahaya yang masuk ke dalam kamera. Pakailah ISO yang lebih rendah agar bayangan terlihat lebih dalam. 

 

3. Cari bentuk yang menarik 

 

Bentuk bayangan akan berubah-ubah mengikuti sudut dan arah cahaya. Karenanya, ketika kamu menemukan bentuk yang menarik, jangan lewatkan dan bidiklah bayangan tersebut!

 

4. Gunakan bayangan untuk bercerita

 

Dengan bayangan, kamu bisa membuat foto terlihat lebih stand out dan memiliki makna yang lebih dalam. Kembangkanlah cerita dalam sebuah foto dengan meletakkan bayangan di tempat yang tepat.

 

Supaya kamu makin semangat untuk mengeksplorasi foto shadow, pakailah perlengkapan yang nyaman kamu gunakan. Membeli kamera second atau lensa second untuk hunting foto street akan membantu untuk meminimalisir pengeluaranmu, lho. Semua bisa kamu dapatkan di Joel Camera Store! Happy shooting!

 

Baca juga: 3 Rekomendasi Kamera Street Photography Terbaik Biar Nyetreet Makin Asyik!

 

Photo credit: Sigit Zero


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp