cara melepas lensa kamera mirrorless, belajar kamera mirrorless, jenis lensa kamera mirrorless

 

" itemprop="keywords" />

Cara Melepas Lensa Kamera Mirrorless dengan Benar dan Aman

by. Admin 1 - 13-Oct-2023

img

Lensa kamera akan selalu menjadi benda yang esensial dalam fotografi, jadi kamu harus tahu cara melepas lensa kamera mirrorless yang benar dan aman agar lensa tetap bersih, mulus, dan awet agar nilai jualnya tidak berkurang di kemudian hari. 

 

Melepas dan memasang lensa dengan benar sangat penting, karena saat itulah lensa berpotensi mengalami gesekan dan terkena kotoran. Jika kamu sudah tahu caranya, kamu bisa lebih berhati-hati walaupun ada situasi yang memaksa kamu untuk melepas lensa dengan cepat. 

 

Ini Dia Cara Melepas Lensa Kamera Mirrorless Kamu!

 

Ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk menerapkan cara melepas lensa kamera mirrorless. Jika lensa kamu adalah lensa bekas yang sudah punya kekurangan, langkah-langkah berikut ini akan membantu kamu dalam menjaga kondisi lensa agar kekurangannya tidak bertambah:

 

1. Matikan Kamera Terlebih Dahulu

 

Langkah pertama sebelum melepas lensa adalah memastikan terlebih dahulu kamera berada dalam keadaan mati. Jika kamu melepas lensa ketika kamera masih menyala, daya listrik pada sensor kamera berpotensi menarik debu. Selain itu, kerusakan software pun dapat terjadi. 

 

2. Tekan Tombol untuk Melepas Lensa dan Putar Lensa

 

Pada setiap kamera, kamu akan menemukan tombol yang berfungsi untuk melepas lensa. Letak tombol ini berbeda-beda, jadi pastikan kamu menekan tombol yang tepat. Kemudian, putar lensa dengan hati-hati ke arah yang benar hingga lensa terlepas sepenuhnya agar konektor lensa dan kamera tidak tergores. 

 

3. Pastikan untuk Tidak Menyentuh Kaca Lensa

 

Mungkin terkadang kamu tidak sengaja memegang kaca lensa sehingga sidik jari kamu menempel dan membuat hasil foto tidak sepenuhnya jernih. Nah, saat melepas lensa, pastikan untuk memegang bagian body lensa dengan tangan dalam keadaan bersih. 

 

4. Jangan Hadapkan Sensor Kamera dan Optik Lensa ke Atas

 

Seluruh jenis lensa kamera mirrorless punya susunan optik yang harus dijaga. Sensor kamera pun harus terus terjaga kebersihannya. Oleh sebab itu, ketika lensa sudah terlepas, jangan hadapkan sensor kamera dan optik lensa ke atas karena debu atau kotoran akan berpotensi masuk ke dalam lensa. Hal ini seringkali dilakukan oleh pemula. Jadi, jika kamu baru belajar kamera, pastikan kamu mengingat langkah yang satu ini ya, Joelist!

 

5. Segera Pasang Lens Cap Pada Lensa

 

Agar debu dan kotoran tidak masuk dan menempel di dalam lensa dan agar bagian dalam lensa tidak tergores, cara paling tepat adalah segera memasang rear cap dan front cap pada lensa. Dengan begitu, kaca dan susunan optik di dalam lensa akan berada dalam keadaan aman.

 

6. Simpan Lensa dengan Benar

 

Poin terakhir ini tidak kalah penting. Setelah lensa sudah dilepas dengan keadaan rear cap dan front cap terpasang, simpanlah lensa di tempat yang aman dan tidak lembap agar lensa tidak tergores maupun berjamur. Pastikan lensa tetap dalam keadaan baik agar kamu siap memakainya lagi ketika kamu membutuhkannya. 

 

Nah, kalau kamu butuh lensa kamera mirrorless yang mulus dan dijaga dengan baik, kamu bisa beli lensa impian kamu di Joel Camera Store. Sebagai tempat jual-beli lensa dan kamera bekas yang terpercaya, kami tentunya selalu memastikan seluruh barang berada dalam kondisi terbaik!

 

Baca juga: 3 Cara Agar Lensa Kamera Tidak Berjamur dan Awet Dipakai Bertahun-tahun

 

Pic: Unsplash/Kenny Eliason


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp