cara agar lensa kamera tidak berjamur, cara merawat lensa kamera, lensa kamera berjamur

 

" itemprop="keywords" />

3 Cara Agar Lensa Kamera Tidak Berjamur dan Awet Dipakai Bertahun-tahun

by. Admin 1 - 03-Oct-2023

img

Salah satu permasalahan pada lensa kamera yang paling umum adalah menempelnya jamur. Walau begitu, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara agar lensa kamera tidak berjamur yang bisa kamu terapkan agar lensa kamu tetap terawat. 

 

Sebelum itu, kamu harus tahu apa itu jamur pada lensa kamera. Jamur ditandai dengan adanya garis-garis yang terlihat mengakar dan bercak lembap pada permukaan kaca lensa. Jika lensa kamera berjamur, ketajaman lensa dapat berkurang, hasil foto bisa terlihat berkabut dan pandangan pada viewfinder kamera dapat terganggu.

 

Cara Agar Lensa Kamera Tidak Berjamur, Dijamin Ampuh!

 

Sebagai penggiat fotografi, Joelist dapat menerapkan cara agar lensa kamera tidak berjamur dan awet dipakai bertahun-tahun. Ini dia tips-tipsnya:

 

1. Ketahui Cara Cek Jamur Pada Lensa

 

Membeli lensa bekas adalah salah satu solusi untuk menghemat pengeluaran. Nah, tentunya jika kamu ingin lensa yang kamu beli awet, kamu harus bisa mengecek keadaan lensa tersebut. Tentunya kamu tidak mau membeli lensa yang sejak awal sudah berjamur, bukan? 

 

Untuk mengecek lensa fix, kamu bisa langsung mengarahkan lensa ke cahaya lampu langsung untuk melihat keberadaan jamur. Sedangkan untuk lensa zoom, kamu bisa memutar lensa ke focal length terjauh agar lensanya memanjang dan bukaan paling lebar pada kaca lensa dapat terlihat dengan lebih jelas. Jangan lupa periksa dengan teliti, ya!

 

2. Jaga Kebersihan Lensa

 

Tentunya menjaga kebersihan adalah cara merawat lensa kamera yang paling dasar. Jika kebersihan lensa tidak diperhatikan, debu maupun jamur sangat berpotensi untuk menempel. Gunakan cleaning kit untuk membersihkan lensa secara berkala dan jangan biarkan lensa berada dalam keadaan lembap. 

 

3. Simpan Lensa dengan Benar 

 

Untuk mencegah lensa berada dalam keadaan lembap, tentunya kamu harus memperhatikan tempat penyimpanan lensa. Simpan lensa di dry box atau letakkan penyerap lembap di tempat kamu menyimpan lensa. Dengan begitu, lensa kamu akan senantiasa terjaga.

 

Jika kamu menjaga lensa kamera kamu dengan baik, kamu pun dapat menjual kembali lensa tersebut di Joel Camera Store. Sebagai penyedia lensa dan kamera bekas terbaik, kami pasti akan mempertimbangkan lensa yang terawat. 

 

Setelah mengetahui 3 cara agar lensa kamera tidak berjamur yang telah dijelaskan di atas, pastikan kamu mempraktikkannya dengan baik, ya!

 

Baca juga: 7 Cara Merawat Kamera Supaya Lebih Tahan Lama

 


Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp